[ULASAN 2] Public, Private & Hybrid Clouds

Video yang akan diulas pada halaman ini dapat dilihat melalui link berikut : https://youtu.be/NqnyOHBZus4. Video tersebut diunggah oleh kanal Youtube Akamai Technologies dengan judul "Public, Private & Hybrid Clouds" pada tanggal 17 April 2014 dengan panjang durasi 5 menit 50 detik. Hingga tanggal 15 Mei 2017, video tersebut telah dilihat oleh viewers sebanyak 24,764 views.

Video tersebut memberikan informasi mengenai Cloud Computing dan penerapannya pada sebuah perusahaan. Cloud Computing itu sendiri memiliki beberapa komponen, yaitu internet, hardware, virtualization, operating system, middleware, runtime, data, dan application. Dari video tersebut dijelaskan bahwa jika suatu perusahaan menerapkan Infrastructure as Service, maka perusahaan hanya memanajemen bagian operating system sampai application. Sedangkan, jika perusahaan menerapkan Platform as Service, maka perusahaan hanya memanajemen bagian data dan application. Perusahaan yang memanajemen keseluruhan komponen cloud computing merupakan perusahaan yang menerapkan Software as Service Cloud Computing.

Kemudian, video ini berfokus pada Infrastructure as Service yang terbagi menjadi public dan private cloud. Public clouds merupakan cloud computing yang bisa diakses dari mana saja atau unrestricted untuk mendapatkan suatu keuntungan. Contohnya adalah Amazon Web Services dan Rackspace Hosting. Sedangkan, private clouds adalah cloud computing yang hanya bisa diakses di environment perusahaan, dan hanya digunakan oleh perusahaan tersebut. Biasanya, private clouds digunakan untuk data-data yang bersifat private atau data-data penting seperti big data. Sedangkan, untuk Human Resource atau Customer Relationship Management biasanya menggunakan public clouds. Kemudian, untuk hybrid clouds, cloud tersebut menggabungkan arsitektur public dan private yang dapat memberikan security dengan kapasitas yang besar seperti arsitektur yang dibuat oleh Akamai Technologies.

Menurut saya, video tersebut sangat menjelaskan mengenai cloud computing, terutama bagian public dan private clouds. Ditunjang dengan audio dan visual melalui gambar, membuat viewers dapat lebih memahami apa yang disampaikan di dalam video tersebut. Penjelasan yang padat dan ringkas dalam waktu yang sangat singkat tersebut sangat efesien untuk membuat viewers menangkap apa yang dijelaskan di dalam video tersebut.

Github Account : riccafitriani
URL Video : https://youtu.be/NqnyOHBZus4 (5 menit 50 detik)
Video Author : Akamai Technologies 
Pemetaan : week10
Revisi pertama : 15/05/2017
Revisi terakhir : 15/05/2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANKING04

RANKING06